Jumat, 28 November 2014

Buah-buahan Asli Desa Talang Piase | Anda pernah mencobanya

Seiring habisnya hutan-hutan di Talang Piase ditebang dijadikan sebagai perkebunan dan pemukiman, buah-buahan hutan yang dulu masih banyak ditemui sekarang menjadi langka, bahkan dapat dikatakan sudah berada di ambang kepunahan. Buah-buahan yang sudah langkah :

1. buah idan (dalam bahasa Melayu Semenanjung/Malaysia disebut Redan). Buah ini terdapat di hutan-hutan Talang Piase, Sungai Puo, dan Sungai Temesu. Buah yang enak ini raib bersama buah-buahan hutan lainnya seperti Tampui, dan lain-lain.
Buah Idan (Redan) ini memiliki bentuk yang sangat menarik, sekitar kulitnya seperti Kelengkeng atau Romanas dengan warna merah mencolok dan merah jambu ketika masak. Daging buahnya pun hampir sama dengan rambutan atau Romanas dengan rasa yang sangat enak dan manis.
Ini dia buahnya:


















2.  Asam kelumi, tumbuh dan  hidup didaerah perairan yang ada didalam hutan, atau daerah bencah-bencah sungai abang ayo, sungai curup dll,, buah ini mirip sekali dengan salak, saking miripnya banyak orang mengira ini adalah buah salak, namun rasanya sangat asam, biasanya sebelum dimakan buah ini dibuat manisan dulu untuk menghilangi rasa asamnya. hidup didataran rendah hutan Piase.
 Ini dia buahnya:





3.  Letup.. Jarang dengar nama buah ini?...sebenernya masih banyak buah2n yg enak tapi masih jarang orang tau,,saya baru post kan beberapa aja dulu, tumbuhnya di semak-semak atau di regek -regek  pinggir2 jalan hutan desa Talang Piase dan kebanyakan tumbuh di daerah dekat pemukiman atau ladang yang sudah mau di tinggalkan,,kalau udah mateng,,rasanya,,,manis2 asem,,,
Ini dia buahnya:





4. Buah Aman, ini adalah buah yang paling aku suka untuk merujak, rasanya asam dam enak sekali. buah aman banyak dijumpai hampir di seluruh kawasan Talang Piase, termasuk Lawang Wetan.. buah aman memiliki ciri-ciri berbentuk bulat telur dengan warna hijau kalu masih mentah, dan berubah warna kuning kecoklatan kalu sudah matang..
Ini dia buahnya:
 




5. Tampui, buah tampui banyak ditemui di hutan Talang piase, buah ini rasanya gurih dan nikmat, tapi sekarang buah tampui sudah jarang sekali ditemui,,:
 Ini dia buahnya:







6. Romanas, buah Romanas mirip Rambutan tetapi kulitnya seperti buah idan, buah ini rasanya manis dan banyak terdapat di hutan-hutan tak jauh dari pemukiman penduduk.. dahan dan ranting buah ini sangat rapuh, tak jarang waktu aku kecil dahulu galak jatuh dari batang pohon buah romanas.hehehe.
Ini dia buahnya:












7. Anggung buah anggung banyak ditemui dibelakang rumah-rumah warga piase, batang anggung biasanya hidup disekitar pinggiran aliran sungai piase. buah anggung ini mirip dengan romanas tapi buahnya sedikit lebih besar daripada romanas, kulitnya juga bulu-bulu mirip kulit rambutan tapi agak tebal dan lebih kasar bulunya.
ni dia buahnya:




8. Buah gelogo / Manggus Jerman
 Buah mirip manggus tapi kulitnya kekuning-kuningan, buah ini sekarang jarang terlihat lagi karena penebangan hutan untuk ladang

ni dia buahnya:






9. Buah pisai manau
buah ini banyak di daerah sungai puo, atau di dekat sungai-sungai...
sekarang buah ini sudah hampir punah di Talang Piase

 ini dia buahnya :







10. Buah arang-arang
Buah yang banyak ditemui di hutan piase, uniknya buah ini hanya dijumpai di Talang Piase dan sekitarnya saja..
boleh dikatakan ini identitas buah hutan piase


12 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya keren jadi pengen coba
    manfaat kolang kaling

    BalasHapus
  2. boleh saya tahu buah arang-arang tu isinya berwarna apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buah arang-arang itu bentuknya seperti buah anggur dan warnanya kebiruan cendrung kehitaman. isi buahnya adalah bijinya itu sendiri bu, kalau kita mau mkn buah arang-arang langsung di makan saja

      Hapus
  3. Jela nia,buah lokal Asli Desa Piase,,,,MANTAP!!!

    BalasHapus
  4. Waahh.. musti dilestarikan inimah.., buah nya unik, .. mustinya ada kesadaran masyarakat agar tidak menebang pohon sembarangan, dan jika buahnya dapat dibudidayakan, mustinya buah exsotis mendapatkan harga jual yang tinggi,....

    ,..

    BalasHapus
  5. Saya sudah makan buah idan. Enak dan segar. Talang piase itu di sekayu kan.

    BalasHapus
  6. Kl asli ughang Sekayu dume, pasti taingat dingen Talang

    BalasHapus